MENTARI PAGI EDISI 647, KAMIS 21 JANUARI 2021

REVIEW IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (20/01/2021) mengalami penguatan sebesar (1.707%), mengakhiri pada perdagangan kemarin di level 6,429.758. Pada perdagangan kemarin hampir semua sektor mengalami kenaikan terdapat 9 sektor yang mengalami penguatan dan hanya tersisa 1 sektor yang menutup melemah.

Sektor yang mengalami penguatan tertinggi pada perdagangan kemarin diraih oleh sektor Mining sebesar (+5.60%) dan disusul oleh sektor Basic Industry and Chemicals sebesar (+2.51%). Sementara sektor satu-satunya sektor yang mengalami pelemahan adalah sektor Consumer Goods Industry sedalam (-0.62%) .

Dikarenakan pada perdagangan kemarin hampir semua sektor mengalami penguatan dan hanya terdapat satu sektor yang mengalami pelemahan, maka IHSG pada perdagangan Rabu kemarin dapat melakukan penguatan. Akibatnya, IHSG mampu mendongkrak kenaikannya. Pada perdagangan kemarin tercatat 19.88 Milyar saham diperdagangkan dengan total nilai transaksi sebesar 24.22 Triliun. Pada perdagangan kemarin asing pun memilih untuk membeli dan mengoleksi saham sehingga mencatatkan pembelian bersih (Net Foreign Buy) sebesar (756.26 Milyar).

Hari ini kami memprediksi bahwa IHSG akan melanjutkan kenaikannya dari hari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh sentiment positif yang datang dari negeri paman sam mengenai pelantikan presiden Joe Biden. Kemudian dengan adanya proses vaksinasi yang akan segera diberikan kepada masyarakat, akan menjadi harapan baru pada sektor industri propert dan pengembangan nasional agar dapat segera pulih dan Kembali seperti semula.

Disisi lain jika dilihat berdasarkan analisa teknikalnya, candlestick masih berada diatas Indicator Moving Average Cross rerata 13 dan 34 (MA Cross 13,34) dan juga belum terlihatnya akan terjadi persilangan Death Cross.

BERITA EKONOMI

Zoom Incar Dana Melalui Penawaran Kedua!

Perusahaan penyedia layanan komunikasi Zoom Video Communications Inc tengah mengelar penawaran saham kedua. Perusahaan menargetkan dapat mengumpulkan dana senilai US$ 1,75 miliar mengutip Bloomberg pada Rabu (13/1)

Langkah galang dana ini dilakukan memanfaatkan momentum peningkatan permintaan platform konferensi video selama pandemi. Zoom menjual sekitar 5,15 juta saham dengan harga US US$ 340 per saham.

JPMorgan Chase & Co adalah satu-satunya bookrunner untuk penjualan tersebut.  Saham Zoom naik 5,7% pada hari Selasa di New York.

Pendapatan Zoom telah melonjak lebih dari 380% dalam 12 bulan terakhir, mencerminkan permintaan signifikan seiring tren bekerja, belajar, dan bersosialisasi dari rumah lewat komputer.

Namun, Zoom mengatakan pihaknya mengharapkan peningkatan penjualan sebesar 330% pada kuartal saat ini, yang berakhir pada Januari.

Menurut Hima AE, kemampuan Zoom untuk bisa dimanfaatkan oleh perusahaan besar, bisnis kecil dan menengah. Begitupun bagi individu sehingga perusahaan dapat berkembang setelah virus corona dikendalikan dan lebih banyak pekerja yang kembali ke kantor mereka. Pertumbuhan pendapatan pada 2021 mungkin sedikit kurang eksplosif dibandingkan tahun lalu.

Realitas ekonomi sangat kontras dengan pandangan pasar tentang dunia. Kita hidup di masa sekarang dimana ekonomi tengah mengalami tekanan besar, sementara pasar hidup akan masa depan.

Sumber: Kontan;Market’

REKOMENDASI SAHAM

Pada perdagangan Rabu, 20 Januari 2021 PT. Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) ditutup menguat sebesar +11,11% pada harga Rp 700. Jika dilihat dari Analisis Teknikal pada perdagangan kemarin telah terbentuk Bullish Candle  yang mengindikasikan adanya potensi penguatan. Hal ini juga didukung oleh indikator Moving Average 34, Moving Average 25, Sthocastic dan Volume yang memiliki korelasi positif terhadap penguatan saham tersebut.

Pada perdagangan terakhir harga perusahaan berada tepat diatas Moving Average 34 dan Moving Average 25 mengindikasikan kuat bahwa tren akan lanjut naik.

Kemudian pada indikator Sthocastic mulai terjadi Golden Cross menuju area Overbought mengindikasikan bahwa perusahaan akan mengalami tren naik.

Indikator-indikator tersebut juga diperkuat dengan Volume perdagangan yang didominasi oleh aksi beli (Buy).

Recommendation: Buy

Target Price     : Rp 735

Stop Loss        : Rp 685

(DISCLAIMER ON)

 

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *