Cara Membaca Laporan Keuangan Part 1 – Download Laporan Keuangan

Semua perusahaan yang ingin mendapatkan dana dari pasar modal dituntut untuk memegang prinsip keterbukaan (disclosure). Ini berarti perusahaan-perusahaan tersebut melibatkan kepentingan orang banyak dalam pendanaannya dan diwajibkan untuk melaporkan kondisi keuangannya secara berkala.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan laporan keuangan tersebut bisa diakses di website Bursa Efek Indonesia. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama, akses segmen laporan keuangan di website Bursa Efek Indonesia lalu pilih kategori efek yang diemisikan perusahaan. Efek tersebut dapat berupa saham atau obligasi.

Segmen laporan kuangan dan tahunan di website Bursa Efek Indonesia

Kemudian masukkan nama perusahaan ataupun kode emiten untuk jenis efek saham.

Selanjutnya, pilih tahun pelaporan yang diinginkan. Lalu klik tombol cari.

Setelah itu, kita akan dihadapkan dengan beberapa file, laporan keuangan ada yang berbentuk pdf dan format excel. Untuk mendapatkan laporan keuangan dalam bentuk yang komplit, pilih saja yang berformat pdf.

Sekarang BEI hanya menyediakan laporan keuangan selama 4 tahun terakhir. Untuk mendapatkan LK dengan periode lebih lama, teman-teman bisa mengaksesnya di website masing-masing emiten, biasanya terletak di bagian investor relations.

Bagian Investor Relations Adaro Energy (ADRO)

Teman-teman juga dapat berlangganan laporan keuangan di TICMI dengan harga mulai dari Rp 250.000/bulan.

Setelah bisa mendownload laporan keuangan dari website BEI, kita akan belajar cara membacanya. Pada part berikutnya kita akan mempelajari cara membaca neraca.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *