MENTARI PAGI EDISI 549, SELASA 03 DESEMBER 2019

REVIEW IHSG

Pada penutupan perdagangan Senin (02/12/19) Indeks Harga Saham Gabungan menguat 1.97% pada level 6130.055 atau 118.225 poin . Dicatat 12.98 miliar saham yang diperdagangkan dibursa dengan total nilai 6.68 triliun. Asing mencatat penjualan bersih (Net Foreign sell) Rp 148,46 miliar di seluruh pasar. Sepuluh sektor serentak berada di zona hijau dengan sektor yang mengalami penguatan cukup signifikan yakni Sektor pertambangan menguat 3,54%, sektor consumer goods menguat 2,34% dan sektor konstruksi menguat 2,29%.

Jika dilihat dari segi Teknikal, diperkirakan IHSG hari ini masih akan melanjutkan penguatannya pada support dan resistance 6098-6155, dapat dilihat terbentuknya candle white marubozu full body, ini mengindikasikan pasar sangat yakin (confident),pada indikator stochastic rsi menunjukan bahwa IHSG berada diarea oversold (jenuh jual). Sentimen positif domestic yakni pemangkasan rasio GMW (giro wajib minimum) efek bagus untuk sektor perbankan.

BERITA EKONOMI

Penawaran IPO Aramco oversubscribed 1,7 kali

Penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) Saudi Aramco dipastikan akan mengalami kelebihan permintaan alias oversubcribed tetapi tidak dengan margin yang besar. Penawaran saham IPO Aramco kepada investor institusi akan ditutup pada 4 Desember 2019.

Meskipun IPO telah menerima banyak penawaran, tingkat bunga relatif diredam dibandingkan dengan IPO pasar berkembang lainnya dan lebih tenang bahkan jika dibandingkan dengan daftar bank Saudi terkemuka pada tahun 2014 yang kelebihan permintaan berlipat kali.

Jika Riyadh mencapai targetnya meningkatkan SR 96 miliar (US$ 25,6 miliar) atau lebih, itu masih akan menjadi rekor dunia IPO dengan perkiraan nilai perusahaan sekitar US$ 1,7 triliun.

Namun, itu tentu masih lebih rendah dari yang diharapkan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman yakni sebesar US$ 2 triliun. Dia telah menempatkan IPO itu sebagai program utamanya sebagai bagian dari rencana ambisius untuk mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada minyak kerajaan itu.

Pemerintah Saudi telah mengurangi target IPO, membatalkan roadshow internasional untuk fokus pada mendorong tawaran di antara sekutu Arab Teluk. Bankir mengatakan roadshow di New York dan London dibatalkan setelah investor internasional menentang penilaian yang diusulkan.

Sumber Reuters pada minggu (1/12) mengatakan, perusahaan dana kekayaan berdaulat milik pemerintah Abu Dhabi dan Kuwait serta produsen minyak OPEC berencana untuk berinvestasi dalam IPO Aramco.

Adapun pemesanan dari investor ritel telah mencapai SR 47,4 miliar (US$ 12,64 miliar), sekitar 1,5 kali jumlah saham yang ditawarkan ke segmen investor ini. bunga relatif rendah jika dibandingkan dengan daftar Bank Komersial Nasional Arab Saudi pada 2014 ketika porsi ritel 23 kali kelebihan permintaan

Bank-bank Saudi telah menawarkan pinjaman mudah kepada warga negara untuk menqawar saham di Aramco, permata mahkota ekonomi Saudi dan perusahaan paling menguntungkan di dunia.

Menurut HIMA AE, pemerintah Arab Saudi telah melakukan sejumlah langkah guna menghadapi calon investor yang skeptis atas aksi korporasi Aramco. Mereka telah memangkas pajak Aramco, menjanjikan dividen yang besar dan telah bernegosiasi untuk meminta komitmen sejumlah keluarga tajir di Arab Saudi, maupun sejumlah investor internasional untuk mengambil bagian dari aksi ini, yang dimana hasil IPO akan digunakan untuk membangun kota, yakni neom city.

Dari go public Aramco itulah diharapkan Saudi bisa mendapat uang USD 300 miliar. Untuk menyangga biaya pembangunan sebesar USD 500 miliar.

REKOMENDASI SAHAM

Pada perdagangan Senin, 02 Desemer 2019 PT. Kalbe Farma Tbk (KLBF) ditutup menguat sebesar +2,95% pada harga Rp1.570. Jika dilihat dari Analisis Teknikal pada perdagangan kemarin membentuk Candle Long White Body yang mengindikasikan adanya potensi penguatan. Hal ini juga didukung oleh indikator Bollinger Band, Parabolic SAR dan MACD yang memiliki korelasi positif terhadap penguatan saham tersebut.

Recommendation : Buy

Target Price : Rp1.655

Stop Loss      : Rp1.525

(DISCLAIMER ON)

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *