MENTARI PAGI EDISI 527, KAMIS 10 OKTOBER 2019

REVIEW IHSG

Pada penutupan perdagangan Rabu (10/10/19) Indeks Harga Saham Gabungan melemah 0.17% pada level 6029.160 atau 10.441 poin . Dicatat 15.77 miliar saham yang diperdagangkan dibursa dengan total nilai 7.76 triliun. Asing mencatat penjualan bersih (net foreign sell) Rp 85,08  miliar di seluruh pasar. Enam dari sepuluh sektor berada dizona merah dengan pelemahan yang signifikan yakni sektor barang konsumen melemah 1,07%. Sektor aneka industri melemah 0,94% dan Sektor manufaktur melemah 0,84%. Sedangkan empat sektor lainnya berada dizona hijau yakni Sektor perkebunan menguat 1,67%. Sektor tambang menguat 0,92%. Sektor infrastruktur menguat 0,60%.

Jika dilihat dari segi teknikal, IHSG hari ini akan mengalami rebound walaupun dengan penguatan yang tipis dilevel 6040 nampak pada indikator RSI maupun MACD yang masih berada di area oversold. Sentimen positif global yang memperkirakan bahwa akan adanya penurunan suku bunga The Fed membuat para pelaku pasar optimis.

 

BERITA EKONOMI
Peluang Pembahasan Tarif Parsial Terbuka

Diberitakan oleh Bloomberg, China dikabarkan bersedia untuk membahas kesepakatan dagang parsial selama AS tidak mengenakan tarif tambahan termasuk yang akan berlaku bulan ini dan Desember. Kabar ini membuat wall street dibuka menghijau. Pemberitaan ini muncul setelah sebelumnya tensi perang dagang kembali memanas setelah AS memasukkan 28 perusahaan China dalam blacklist dilatarbelakangi oleh penindasan terhadap kaum Muslim Uighur. Ditambah lagi dengan pembatasan visa pejabat tiongkok yang membuat China mengkaji untuk membatasi visa warga negara AS. China dikabarkan menawarkan untuk membeli produk agrikultur AS, namun tidak bersedia mendiskusikan hal utama yang dipermasalahkan AS seperti kebijakan subsidi.

Menurut Hima AE, pasar tidak lagi akan menanggapi kabar perang dagang ini secara berlebihan, tarik ulur perang dagang yang tidak berkesudahan membuat investor cenderung wait and see dan melakukan trading jangka pendek. Kami berpendapat perang dagang belum akan berakhir di tahun ini dikarenakan masih terus terjadi peningkatan tensi di saat harapan mendekatnya damai dagang muncul. Namun, hal yang dapat menjadi pendorong berakhirnya perang dagang antara lain Donald Trump yang akan mengikuti pemilu pada 2020.

Sumber : CNBC Indonesia

REKOMENDASI SAHAM

Pada Hari Rabu 9 Oktober 2019, Aneka Tambang Tbk (ANTM) ditutup menguat sebesar +6,45% menuju harga Rp990, Jika menggunakan analisis Teknikal, formasi candle pada perdagangan kemarin membentuk White Marubozu yang mengindikasikan melanjutkan kenaikan dan juga didukung oleh indikator RSI, Stochastic dan juga volume yang memiliki korelasi positif terhadap penguatan saham tersebut.

Rekomendasi: Buy

Target Price: Rp1.175

Stop Loss: Rp915

(DISCLAIMER ON)

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *