MENTARI PAGI EDISI 512, KAMIS 19 SEPTEMBER 2019

REVIEW IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu  (18/09/19) ditutup menguat ke level 6,276.663 (+0.640%). Tujuh sektor mengalami penguatan, sementara tiga sektor lainnya  mengalami pelemahan. Sektor  aneka industri memimpin penguatan (+2.70%) disusul sektor keuangan (+1.06%). Adapun sektor yang melemah signifikan yaitu sektor agrikultur (-0.98%) Sebanyak 13.582 milyar saham diperdagangkan serta total nilai transaksi mencapai Rp 7867 triliun. Asing mencatatkan penjualan bersih (net foreign sell) dikeseluruhan pasar mencapai Rp 173.36 milyar.

Pada perdagangan hari ini kami memprediksi IHSG masih melanjutkan penguatan tipis di rentang 6276-6298. Sentimen kesepakatan dagang dengan China yang akan segera diteken dapat memperlancar prospek pertumbuhan ekonomi global yang beberapa bulan ini terus dikhawatirkan oleh para pelaku pasar. Adapun prediksi mengecilnya peluang pemangkasan suku bunga The Fed, dan harga minyak mentah yang terkoreksi mewarnai sentimen pasar dunia. Dilihat dari sisi teknikal, IHSG dalam fase konsolidasi terlihat pada sinyal Stochastic yang mulai bergerak naik menyentuh level oversold.

 

BERITA EKONOMI

Penjualan Mobil Diprediksi Turun, ini Strategi Astra International (ASII)

Penjualan mobil nasional (wholesales) PT Astra International Tbk (ASII) pada Agustus naik tipis 1,45% menjadi 90.403 unit dibandingkan bulan Juli yang mencapai 89.105 unit. Pangsa pasar Astra pada Agustus juga naik menjadi 52% dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 50%.

Kendati demikian, Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardianti mengakui penjualan Astra tahun 2019 dibandingkan tahun 2018 akan lebih rendah.

Tira menyebut penyebab penurunan penjualan ialah konsumsi domestik yang menurun. Terlebih lagi, harga komoditas yang turun, penjualan kendaraan komersial juga turun, diikuti pula penurunan penjualan kendaraan penumpang menjadi penyebab pasar mobil secara umum lebih rendah tahun ini dibandingkan tahun lalu.

Tira menambahkan, untuk meningkatkan penjualan mobil Astra akan memaksimalkan penjualan secara online dan offline. Lebih rincinya, untuk online Astra mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di situsnya, sebagai contoh situs auto2000.

Sementara secara offline, strategi Astra adalah menambah jumlah diler di setiap tahun. Tingkat penambahannya kurang lebih 10 diler-15 diler per tahunnya. Selain itu, penambahan outlet juga

Menurut HIMA AE terdapat beberapa faktor yang emnyebabkan penjialan mobil nasional merost, seperti lebaran dan adanya pemilu yang membuat pihak yang akan membeli mengurungkan niatnya untuk membeli, karena merekanwait and see, namun penjualan tersebut dapat didorong dengan peluncuran mobil baru saat perhelatan Gaikinddo GIIAS Indonesia International show pada juni lalu. Perusahaan dapat menyusun strategi penjualan pada paruh kedua tahun ini, dengan memfokuskan pada kendaraan roda empat MPV, yang umumnya paling banyak diminati oleh orang Indonesia, tenrunya dengan inovasi baru yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman

Perusahaan juga perlu memperhatikan kondisi makro eknomi Indonesia maupun global, seperti rencana penurunan suku bunga oleh BI, pergerakan harga rupiah dan lainnya. Seperti apa target perusahaan? Apakah ke depannya bakal melakukan investasi pada infrastruktur seperti ekspansi? Kita berharap  ASII dapat mencapai penjualan yang maksimal

Sources : Kontan, Bisni.com

 

REKOMENDASI SAHAM

 

Pada perdagangan Rabu, 18 September 2019 PT. Sentul City Tbk (BKSL) ditutup menguat sebesar +4,13% pada harga 126. Jika dilihat dari Analisis Teknikal pada perdagangan kemarin BKSL membentuk candle Bullish Belt Hold. Hal ini juga didukung oleh indikator Parabolic, Stochastic serta Volume yang memiliki korelasi positif terhadap penguatan saham tersebut.

Recommendation : Buy

Target Price : 134

Stop Loss : 120

(DISCLAIMER ON)

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *