MENTARI PAGI EDISI 504, SENIN 09 SEPTEMBER 2019

REVIEW IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Jumat (06/09/19) ditutup menguat ke level 6,308.950 (-0.034%). Enam sektor yang mengalami penguatan, sementara empat sektor lainnya mengalami pelemahan. Sektor industri dasar memimpin penguatan (+1.71%) disusul sektor mining (+0.83%) sementara sektor yang mengalami pelemahan signifikan dari sektor properti (-1.78%) kemudian diikuti oleh sektor infrastruktur (-1.41%). Tercatat 14.587 milyar saham diperdagangkan serta total nilai transaksi mencapai Rp 8.681 triliun. Asing mencatatkan pembelian bersih (net foreign buy) dikeseluruhan pasar mencapai Rp 9.12 milyar.

Pada perdagangan hari ini kami memprediksi IHSG kembali melanjutkan kenaikan jangka pendeknya seiring meredanya tensi perang dagang AS-China yang memberikan sedikit kelegaan bagi para pelaku pasar. Rilis data Purchasing Manager’ Index (PMI) non-manufaktur AS dilevel 56.4 mendorong keyakinan pasar bahwa masih kuatnya perekonomian AS dan berpotensi  pemangkasan suku bunga acuan The Fed. Sementara dari dalam negeri didukung oleh stabilnya perekonomian Indonesia dalam jangka menengah masih berada pada jalur uptrend. Jika dilihat dari sisi teknikal, IHSG masih akan mengalami penguatan meski terbatas didukung oleh indikator stochastic yang berfluktuatif dan moving average (MA 5) yang masih berada di level uptrend memberikan sinyal positif.

BERITA EKONOMI

Kalbe Farma (KLBF) Jajaki Peluang Joint Venture dengan Hale International

Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF, anggota indeks Kompas100) semakin gencar ekspansi. Terbaru, KLBF mengakui telah menjajaki kerja sama joint venture (JV) bersama Hale International.

Presiden Direktur KLBF Vidjongtius menyatakan saat ini Kalbe Farma sedang membuka peluang kerja sama dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi  minuman keshatan ini.

Vidjongtius menyatakan nanti setelah ada perkembangan lebih lanjut pasti akan disampaikan lagi. Asal tahu saja, sebelumnya pada 2012 sebenarnya KLBF telah menandatangani Conditional Sale and Purchase Agreement atau Perjanjian Pengambilalihan Bersyarat atas 100% saham PT Hale International. Aksi akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat bisnis minuman siap saji di divisi produk kesehatan. Adapun KLBF melihat peluang bisnis ini dapat menghasilkan penjualan melebihi Rp100 miliar dalam kurun waktu beberapa tahun saja.

Dalam akuisisi tersebut, transaksinya bernilai sekitar Rp100 miliar. Lewat pengambilalihan perusahaan ini, KLBF memiliki fasilitas produksi minuman siap saji.

Menurut HIMA AE, langkah akuisisi PT Hale International oleh perseroan, dapat memperkokoh posisi Kalbe Farma Tbk dalam produk kesehatan yakni bisnis minuman dan tentu saja dapat menumbuhkan nilai investasi. Pada semester pertama 2019 perseroan mengumumkan penjualan bersih sebesar Rp 11,179 triliun, meningkat sebesar 7,7% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 10,381 triliun. Sedangkan laba bersih mencapai 1,25 triliun di semester pertama tahun ini, naik 3,5% dibandingkan semester pertama tahun 2018.

Dengan mempertimbangkan situasi makro ekonomi, serta kondisi kompetisi, Perseroan tidak merubah target pertumbuhan penjualan bersih tahun 2019 sebesar 6% – 8%, dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih pada kisaran yang sama. Perusahaan juga gesit melakukan ekspansi di luar negeri seperti pembangunan pabrik mixagrip di Myanmar yang dapat aktif komersial di 2022. Diharapkan perusahaan dapat menjaga dan meningkatkan performanya di sisa  2019 ini.

Source : Kontan, IDX

REKOMENDASI SAHAM

Pada perdagangan Jumat, 6 September 2019 PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP) ditutup menguat sebesar +2,13% pada harga 7200. Jika dilihat dari Analisis Teknikal pada perdagangan kemarin INKP membentuk candle Spinning Top. Hal ini juga didukung oleh indikator RSI, Stochastic serta Volume yang memiliki korelasi positif terhadap penguatan saham tersebut.

Recommendation : Buy

Target Price : 7450

Stop Loss : 7000

(DISCLAIMER ON)

2 thoughts on “MENTARI PAGI EDISI 504, SENIN 09 SEPTEMBER 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *