Mentari Pagi Edisi 352 Kamis, 1 Maret 2018

REVIEW IHSG

Rabu, 28 Februari 2018 kemarin IHSG ditutup dilevel 6597,218 melemah 0,03% atau turun 1,708 poin dari level sebelumnya. Sementara itu asing mencatatkan penjualan bersih sebanyak 846,77 B. 5 sektor menguat diantaranya sektor property, industry dasar, konsumsi, petambangan dan pertanian (1.91%). 4 sektor lainnya melemah diantaranya sektor infrastruktur, penjualan, keuangan dan aneka industry (1.31%).

Kami prediksikan IHSG hari ini akan menguat.

RINCIAN TRANSAKSI BURSA

28 FEBRUARI 2018

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

Dongkrak Penjualan, Semen Baturaja Kejar Target Laba Bersih Tumbuh 44% Tahun ini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pabrik Baturaja II milik PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) benar-benar menggenjot pasokan penjualan perseroan tersebut. Di awal tahun 2018 volume penjualan semen SMBR tumbuh dobel digit.

Rahmad Pribadi, Direktur Utama SMBR mengatakan volume penjualan selama bulan Februari 2018 naik hampir 40% dibanding periode yang sama tahun lalu.  “Iya naik hampir segitu. Sedang di Januari saja volume bisa tumbuh 25%,” katanya kepada Kontan.co.id, Rabu (28/2).

Opini kami :

Penjualan semen SMBR di bulan Februari yang naik hampir 40% disebabkan adanya pabrik Baturaja II yang mulai beroperasi serta pangsa pasar yang cukup besar di wilayah sumatera dan sekitarnya. Selain itu adanya rencana akuisisi tambang batubara di tahun 2018 dinilai tepat karena dilihat dari laba perusahaan yang tertekan akibat naiknya bahan baku batubara. Dengan komsumsi batubara sebesar 700.000 ton pertahun dan dengan mengakuisisi tambang batubara, SMBR akan menghemat biaya sebesar Rp. 30 miliar per tahun. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kinerja perusahaan sendiri.

Aksi Buyback Saham MIKA Sudah Mendapat Lampu Hijau

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Melihat bisnis PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) masih tumbuh, manajemen Mitra Keluarga menyiapkan dana hingga Rp 1,4 triliun untuk membeli kembali saham perusahaan (buyback). Pengelola rumahsakit Mitra Keluarga ini berencana membeli kembali saham maksimal 5% atau setara dengan 727,54 juta saham.

Direktur Keuangan Mitra Keluarga, Joyce Handajani menyatakan aksi tersebut sudah mendapat persetujuan dari para pemegang saham. Adapun tujuannya  untuk meningkatkan pengembalian share holder ke pemegang saham selain dengan metode dividen. “Periode pembelian saham tersebut selama 18 bulan,” katanya kepada KONTAN, Rabu (28/2).

Opini kami :

Aksi buyback bertujuan untuk menjaga harga saham lebih stabil dan cenderung meningkat. Aksi buyback biasanya dilakukan ketika harga saham menurun hal ini terlihat dari harga saham mika yang menurun setahun terakhir, aksi buyback digunakan untuk mengerem penurunan harga tersebut. Aksi buyback juga mencerminkan emiten memiliki kas yang cukup besar, hal ini mengindikasikan emiten memiliki performa baik atau emiten tidak melakukan ekspansi.

REKOMENDASI SAHAM

Inti Agri Resources Tbk. (IIKP)  Pada perdagangan kemarin ditutup menguat 2.7% secara teknikal IIKP memasuki area demand, dan juga indikator MACD memasuki area oversold dan juga sudah konfirmasi golden cross yang artinya akan ada potensi mengalami penguatan.

Rekomendasi : Buy
Target : TPI  226   TPII  326
Stop loss : If Break down 202

Create By:Research Hima Ae

Jati Akbar Bahrul Kholbi
Ahmad Ali Ramadhan
Muhamad syarifudin
Agung Kurniawan
Aditya Widianto
Mila septrya
Euis Herlina

 

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *