Mentari Pagi Edisi 338 Kamis, 8 Februari 2018

REVIEW IHSG 

Rabu, 07 Februari 2018 kemarin IHSG ditutup dilevel 6534,869 menguat 0,87% atau naik 56,326 poin dari level sebelumnya. Sementara itu asing mencatatkan penjualan bersih sebanyak 468,98 B  Semua sektor menguat dan yang paling dominan adalah sektor konsumsi (1,32%).

Kami prediksikan IHSG hari ini akan meningkat.

RINCIAN TRANSAKSI BURSA

07 FEBRUARI 2018

RANGKUMAN BERITA EKONOMI
Laba Semen Baturaja Tertekan Kenaikan Harga Batubara

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) masih dibayangi beban yang tinggi. Sepanjang 2017 lalu, laba bersih SMBR turun 43,4% menjadi Rp 146,64 miliar, dari periode sebelumnya sebesar Rp 259,09 miliar.

Padahal, pendapatan emiten semen pelat merah ini masih naik tipis 1,89% year on year (yoy) menjadi Rp 1,55 triliun. Sekretaris Perusahaan SMBR Ruddy Solang mengatakan, penurunan laba SMBR disebabkan kenaikan beban salah satu komponen. “Komponen tersebut ialah komponen energi, yakni batubara,”.

Opini kami :

Adanya rencana akuisisi tambang batubara di tahun 2018 dinilai tepat karena dilihat dari laba perusahaan yang tertekan akibat naiknya bahan baku batubara. Dengan komsumsi batubara sebesar 700.000 ton pertahun dan dengan mengakuisisi tambang batubara, SMBR akan menghemat biaya sebesar Rp. 30 miliar per tahun. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kinerja perusahaan, walaupun secara nasional industri semen masih kelebihan pasokan semen sebesar 30% dari total permintaan. Pangsa pasar SMBR yang berada diwilayah Sumatera dan sekitarnya masih memiliki potensi pertumbuhan yang cukup besar.

Emiten Poultry Memipil Untung Dari Harga Jagung

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Emiten perunggasan (poultry) berpeluang memipil keuntungan dari penurunan harga jagung dan kedelai. Penurunan harga dua komoditas itu berpotensi memangkas beban bahan baku emiten poultry.

Produksi jagung di Indiana, Amerika Serikat (AS) tahun ini diprediksikan terus naikdan membuat harga jagung tertekan. Hal yang sama juga terjadi pada kedelai, lantaran stok kedelai AS dan Argentina masih tinggi di tahun ini.

Opini kami :

Penurunan harga jagung akan menjadi sentiment positif bagi emiten poultry seperti JPFA dan CPIN. Harga jagung yang menurun akan menekan biaya bahan baku sehingga dapat meningkatkan kinerja prusahaan. Sentiment positif lainnya ya itu daya beli masyarakat di prediksi meningkat akibat adanya Pilkada dan ajang Asian Games  yang akan mendorong kinerja perusahaan.

REKOMENDASI SAHAM

Pada perdagangan kemarin BIRD ditutup menguat 2.5% pada harga 3620. Secara teknikal saat ini BIRD membentuk pola double bottom. dengan target harga menuju 3920. batasi kerugian apabila harga bergerak dibawah 3500.

Create By:Research Hima Ae

Jati Akbar Bahrul Kholbi
Ahmad Ali Ramadhan
Muhamad syarifudin
Agung Kurniawan
Aditya Widianto
Mila septrya
Euis Herlina

 

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *