Mentari Pagi Edisi 332 Senin, 29 January 2018

REVIEW IHSG 

Jumat, 26 Januari 2018 kemarin IHSG ditutup dilevel 6660,618 menguat 0,68% atau naik 45,290 poin dari level sebelumnya. Sementara itu asing mencatatkan pembelian bersih sebanyak 696,87 B  . 5 sektor  menguat diantaranya sektor industry dasar, property, keuangan, pertanian dan yang paling mendominasi adalah sektor  infrastruktur (2.5%). 4 sektor lainnya melemah  yaitu sektor  penjualan, konsumsi, pertambangan dan aneka industry  (0.76%).

Kami prediksikan IHSG hari ini akan menguat.

 

RINCIAN TRANSAKSI BURSA

26 JANUARI 2018

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

Efisiensi, Semen Baturaja masuk bisnis tambang batubara

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Demi menghemat biaya bahan bakar, PT Semen Baturaja Tbk berencana melakukan akuisisi tambang batubara. Bila rencana ini terlaksana, emiten semen ini bisa menghemat beban hingga Rp 30 miliar per tahun.

Harga batubara yang sempat mencapai US$ 100 per metrik ton membuat emiten berkode SMBR ini harus menanggung beban lebih. Hal ini membuat laba bersih SMBR diprediksikan turun 43,42% year-on-year (yoy) menjadi Rp 146,59 miliar di tahun 2017.

Opini kami :

Dengan komsumsi batubara sebesar 700.000 ton pertahun dan dengan mengakuisisi tambang batubara, SMBR akan menghemat biaya sebesar Rp. 30 miliar per tahun. Hal tersebut tentu akan meningkatkan kinerja perusahaan, walaupun secara nasional industri semen masih kelebihan pasokan semen sebesar 30% dari total permintaan. Pangsa pasar SMBR yang berada diwilayah Sumatera dan sekitarnya masih memiliki potensi pertumbuhan yang cukup besar.

RI Memenangkan Gugatan WTO Atas Bea Masuk Biodiesel Uni Eropa

Jakarta, CNN Indonesia — Indonesia memenangkan gugatan yang diajukan terhadap Uni Eropa di World Trade Organization (WTO) atas pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) produk biodiesel asal Indonesia. Hasil akhir putusan panel Dispute Settlement Body (DSB) WTO memenangkan enam gugatan Indonesia atas Uni Eropa.

Dengan kemenangan ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa kini akses pasar biodiesel semakin lebar dan bisa kembali memulihkan ekspor biodiesel ke Uni Eropa. Pasalnya, setelah BMAD ditetapkan sebesar 8,8 persen hingga 23,3 persen pada 2013 silam, ekspor biodiesel Indonesia ke Eropa melorot tajam.
Opini kami :

Menangnya Indonesia terhadap gugatan WTO atas Bea Masuk Biodiesel di Uni Erop, tentu akan membuka akses pasar dan memacu kembali kinerja ekspor biodiesel ke Uni Eropa. Pasar UE dinilai memiliki potensi yang besar dengan pemakaian biodiesel sebesar 12 juta kiloliter pertahun, sementara Indonesia hanya mengekspor 1,8 juta kiloliter pertahun.

REKOMENDASI SAHAM

Bank Rakyat Indonesia  Tbk. (BBRI) pada perdagangan kemarin ditutup menguat sebesar 2.1% saham BBRI ini masih dalam uptrend kuat dan menarik untuk dijadikan longterm investing.

Rekomendasi: Hold jika sudah punya, atau bisa buy on weaknes dilevel 3720

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *