Mentari Pagi Edisi, Selasa 15 january 2018

REVIEW IHSG

 

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Senin sore (15/1) ditutup menguat 12,13 poin atau 0,19% ke 6.382,2.

Adapun sektor yang menguat adalah Sektor tambang yang naik 1,53%, properti naik 0,61%, keuangan naik 0,67%, perdagangan naik 0,41%.

Sedangkan sektor yang melemah adalah Sektor agri yang turun 0,24%, industri dasar turun 0,02%, konsumsi turun 0,53%, infrastruktur turun 0,33%, manufaktur turun 0,36%, aneka industri turun 0,1%.

Hari ini diproyeksikan IHSG akan mengalami penguatan.

TOTAL TRANSAKSI

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

Ristia Bintang akan right issue sebanyak-banyaknya 653 juta saham

PT Ristia Bintang Mahkotasejati Tbk (RBMS) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang digelar, Senin (15/1) telah menyetujui rencana perseroan ini menerbitan saham dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias right issue sebanyak-banyaknya 653,44 juta saham.

Opini :

Menurut analisa kami, penggunaan dana right issue saham RBMS lebih kepada ekspansi dan menanamkan modal pada saham TRBI. Hal ini merupakan sentimen positif selama penggunaan dananya untuk pengembangan perusahaan tersebut. TBRI merupakan pemilik Hotel Le Meridien, Jimbaran Bali. Saat ini RBMS hanya memiliki 40% saham TBRI sehingga hasil kinerja pemilik hotel tersebut belum dikonsolidasikan pada laporan keuangan RBMS. RBMS berencana untuk menambah porsi kepemilikan saham di TRBI dengan menjadi pemegang saham mayoritas. Dengan terkonsolidasinya Tiara Raya, pendapatan RBMS akan semakin meningkat sigfinifikan pasca penambahan kepemilikan saham tersebut. Prospek hotel Le Meridien tersebut sangat bagus dengan rata-rata okupansi di atas 72%. Dirinya yakin hotel dengan 118 kamar tersebut akan semakin berkembang sejalan dengan pertumbuhan pariwisata di Bali.

 

Link Net akan buyback 216 juta saham

PT Link Net Tbk (LINK) kembali akan melakukan buyback atas sejumlah saham yang beredar di publik. Rencana ini telah memperleh persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Senin (15/1). LINK akan melakukan buyback sebanyak-banyaknya 216,03 juta saham atau setara 7,1% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. “Harga buyback maksimal Rp 6.000 per saham,” ujar Liryawati, Chief Marketing Officer (CMO) LINK.

Opini :

Setiap perusahaan yang ingin buyback, perusahaan tersebut pasti sudah memproyeksikan prospek perusahaannya. Maka dari itu menurut analisa kami bahwa perusahaan Link Net Tbk tidak akan membeli kembali sahamnya (buyback) jika harga saham atau prospeknya tidak menjanjikan. Walaupun saham ini sedang berada dalam trend bearish, kemungkinan besar saham ini akan di goreng setelah buyback di lakukan oleh perusahaannya.

Wijaya Karya gelar roadshow penerbitan US$ 400 juta surat utang

PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan menggelar road show. Hal ini dilaksanakan dalam rangka penerbitan surat utang sebesar US$ 400 juta. Hasil penerbitan obligasi global atau global bond ini akan digunakan untuk pembiayaan beberapa proyek dan keperluan perusahaan.

Opini :

Kami melihat adanya roadshow menunjukkan bahwa penyerapan di dalam negeri belum mencukupi, karena kebutuhan dana yang besar. Karena itu WIKA melakukan roadshow ke luar negeri. Tentunya pasca roadshow diharapkan perusahaan dapat memikat investor asing. Jika dilihat dari sisi teorinya Keputusan perusahaan untuk melakukan pembiayaan hutang dengan cara menerbitkan surat hutang termasuk diantaranya obligasi, dipersepsikan secara positif oleh pasar karena keputusan itu dipandang akan meningkatkan nilai perusahaan dan merupakan suatu sinyal kondisi perusahaan yang baik.

REKOMENDASI SAHAM

 

Bank Negara Indonesia ( persero ) Tbk. ( BBNI ) pada perdagangan kemarin di tutup menguat secara teknikal BBNI masih mengalami uptrend kuat, dan beberapa hari ini saham BBNI mengalami koreksi hingga membentuk support baru.

  • Rekomendasi: Buy
  • Target: 10000
  • Stop loss: 9450

Create By:Research Hima Ae

Jati Akbar Bahrul Kholbi
Ahmad Ali Ramadhan
Muhamad syarifudin
Agung Kurniawan
Aditya Widianto
Mila septrya
Euis Herlina

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *