Mentari Pagi Edisi 316 Kamis 4 January 2018

REVIEW IHSG

Pada perdagangan Rabu (3/1/2018), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 88 poin (1,4%) ke posisi 6.251.

Sementara itu, investor asing mencatatkan pembelian saham senilai Rp2,55 triliun dan penjualan saham senilai Rp2,48 triliun.  Sebanyak 127 saham menguat, 184 saham turun, 101 saham stagnan, dan 108 saham tidak ditransaksikan sama sekali.

Nilai transaksi di pasar reguler mecapai Rp5,19 triliun dan Rp2,23 triliun di pasar negosiasi. Total transaksi mencapai Rp7,42 triliun.

Hari ini IHSG diproyeksikan masih mengalami koreksi.

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

Jelang Tahun Politik, Pasar Saham Diprediksi Tetap Ramai Tahun Ini

Bisnis.com, JAKARTA — Nilai transaksi perantara perdagangan saham sepanjang tahun lalu tercatat senilai turun tipis yakni sebesar 2,33% dibandingkan transaksi pada tahun sebelumnya. Adapun, pasar saham tahun ini diprediksi masih akan ramai meski ada sentimen dari jelang tahun politik 2019.

Opini :

Menurut pandangan kami bahwa tahun politik masih akan berpengaruh terhadap pasar saham meskipun tidak terlalu signifikan. Menurut data bahwa ketika memasuki tahun politik ada goncangan pada pasar saham. Hal itu dikarenakan kondisi politik yang tidak stabil. Jika tahun politik 2018 dan 2019 berjalan dengan baik maka pengaruh terhadap pasar saham pun sangat kecil. Tapi tetap akan ada sedikit ‘gelombang’. Meskipun sangat kecil pengaruhnya tahun politik terhadap pasar saham di 2018 ini ada satu masalah lagi yang timbul dan menjadi sebuah tantangan pada 2018. Yaitu pernyataan Presiden Donald Trump yang membuat kondisi ekonomi pun menjadi sasarannya. Terlebih saat ini konfrontasi terhadap Korea Utara sedang memanas dengan pernyataan Kim Joong Un yang memberikan pernyataan pedas terhadap Trump. Ini akan mempengaruhi kondisi ekonomi global dan tentunya Indonesia akan mendapatkan imbasnya.

2018 Jadi Tahun Panen Bagi PPRO

Bisnis.com, JAKARTA – Manajemen emiten properti PT PP Properti Tbk. mengungkapkan tahun ini akan menjadi tahun panen bagi perseroan dengan fokus pada pengembangan landbank yang telah dimiliki.

Opini :

Dilihat dari kinerja saham PPRO masih terlihat bagus dengan membukukan laba bersih Rp. 440 Miliar. Terlebih target marketing sales 2017 mencapai 96% yaitu hingga Rp. 2,8 Triliun. Namun dari PEFINDO melakukan penurunan peringkat dikarenakan telah melakukan penambahan utang yang signifikan dan bahkan melampaui proyeksi Pefindo.

REKOMENDASI SAHAM

Untuk hari ini kami tidak ada rekomendasi saham, karena kami proyeksikan IHSG akan melanjutkan pelemahannya jadi kami wait and see dulu ke market.

Create By:Research Hima Ae

Jati Akbar Bahrul Kholbi
Ahmad Ali Ramadhan
Muhamad syarifudin
Agung Kurniawan
Aditya Widianto
Mila septrya
Euis Herlina

One thought on “Mentari Pagi Edisi 316 Kamis 4 January 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *