Penjelasan Window Dressing


Haloo pembaca setia artikel HIMA AE, tidak terasa tahun 2017 ini sudah mendekati akhir tahun, nah di akhir tahun 2017 ini saya ingin membahas tentang window dressing apa itu windows dressing? Mungkin bagi teman-teman yg sudah berpengalaman dan sudah lama berkecimpung di pasar modal sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya window dressing, mengapa demikian? Ya di karenakan window dressing ini moment yg sering dimanfatkan oleh seorang investor untuk meraih ke untungan di pasar modal.

Lalu apasih sebenarnya window dressing? Mengapa investor bisa memanfaatkan moment ini. Kali ini saya akan menjelaskan window dressing dengan bahasa yang sederhana yang tentunya akan mudah di mengerti oleh pembaca.

Baiklah langsung saja ke pembahasan, window dressing merupakan moment di mana perusahaan/emiten yg tercatat di bursa mempercantik laporan keungannya agar investor tertarik membeli saham perusahaan tersebut dan untuk menaikan harga saham perusahaan tersebut. Window dressing ini merupakan hal yang wajar selagi itu tidak melanggar peraturan yang berlaku itu sah sah saja, lalu bagaimana cara perusahaan tersebut mempercantik laporan keuangan nya?

Biasanya dengan cara sedikit merekayasa dan menjadikan aktiva/pendapatan ditinggikan dan menetapkan kewajiban yang direndahkan dan biasanya moment moment ini sampai terjadi di bulan Januari memasuki tahun baru atau yang biasanya di sebut dengan January effect, dan moment ini juga sudah terbukti di tandakan setiap akhir tahun IHSG cenderung menguat, namun akan tetapi investor juga di harapkan jangan berspekulasi di moment moment yg seperti ini.

Jadi seorang investor harus pandai pandai memilah saham mana yang biasanya menjadi pendorong laju IHSG, dan biasanya saham saham yg menjadi pendorong IHSG ini adalah saham bluechip. Dan di window dressing ini bukan hanya emiten yang mempercantik laporan keuangan nya biasanya juga manager investasi reksadana juga sering melakukan hal yang sama di akhir tahun ini dengan cara menjual saham saham yang rugi dan membeli saham saham yg berpotensi menguat di akhir tahun yang bertujuan agar portofolio manager investasi tersebut terlihat cantik sebelum di tampilkan di hadapan klien klien nya. Lalu bagaimana cara memanfaatkan moment ini, caranya cukup simple biasanya investor membeli saham pada akhir bulan November dan menjualnya di akhir Desember.

 

Sekian Terimakasih

 

Written by: Ahmad Ali Ramadhan

Staff Riset Hima AE 2017/2018

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *