Mentari Pagi Edisi 291 jum’at 10 November 2017

REVIEW IHSG

Pada penutupan perdagangan hari kemarin (9/17) IHSG melemah 0,11% dan berada di level 6.042,46.

Pelemahan itu merupakan aksi profit taking lanjutan. Koreksi selama dua hari terakhir merupakan suatu hal yang wajar terjadi usai mencetak rekor baru terus menerus.

Hari ini IHSG akan dipengaruhi rilis data neraca transaksi berjalan (current account) Indonesia. Selain itu, pelaku pasar menanti rilis data klaim pengangguran di Amerika Serikat (AS). Jika hasilnya di bawah perkiraan, akan berimbas baik pada IHSG.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih rentan terkoreksi pada hari ini (10/11).

TOTAL TRANSAKSI 10 NOVEMBER

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

UNTR Siap Produksi Emas Pada 2019

Emiten alat berat dan pertambangan, PT United Tractors Tbk. siap ekspansi ke pertambangan emas dan ditargetkan bisa memproduksi emas pada 2019.

Opini :

UNTR sudah memiliki konsesi tambang emas lewat PT Sumbawa Jutaraya (SJR) yang diakuisisi pada tahun 2015. Untuk saat ini baru satu blok yang telah di eksplorasi dari delapan blok lainnya. satu blok pertambangan memiliki kapasitas kandungan sebesar 350.000 ons hingga 400.000 ons. Dengan asumsi produksi selama tujuh tahun, maka per tahun UNTR dapat memproduksi 50.000 ons emas. Dan dilihat dari target yang ingin dicapai oleh UNTR melalui bisnis non batu bara sebesar 30% ada prospek yang baik bagi kinerja UNTR pada saat ini. Dan dilihat dari analisa fundamentalnya pun saham ini masuk ke dalam fundamental yang bagus.

BI Ingin RI Jadi Pusat Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Bank Indonesia (BI) berambisi menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah. Salah satu caranya dengan menyelenggarakan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2017 yang ke-4.

Opini :

ekonomi syariah bukanlah konsep eksklusif yang dikhususkan untuk umat muslim semata. Namun, konsep tersebut merupakan konsep inklusif yang melibatkan seluruh masyarakat dari berbagai kalangan. Indonesia sebagai negara yang berpenduduk mayoritas muslim sejatinya memiliki potensi besar dalam industri halal global. Sayangnya, potensi tersebut belum termanfaatkan dengan baik. Indonesia justru menjadi importir produk makanan halal terbesar keempat di dunia. Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi pasar terhadap produk wisata dan fashion syariah, serta obat dan kosmetik halal. saat ini sistem keuangan di Indonesia baru 5% yang berlandaskan syariah. Sementara di Malaysia, sistem keuangannya sudah mencapai 22% yang berbasis syariah. Keuntungan ekonom berbasis syariah yaitu sistem ekonomi Islam tidak pernah mengalami krisis lantaran dalam sistem tersebut tidak diperbolehkan spekulasi. Setiap kegiatan pun harus ada basis transaksinya, dan tidak boleh menjual sesuatu yang belum jelas.

REKOMENDASI SAHAM

PTRO pada perdagangan kemarin ditutup menguat 4.6% di harga 1355. Secara jangka panjang PTRO masih dalam trend Bullish. Jangka pendek PTRO berpeluang menuju resistance 1430 dan apabila tertembus dapat menuju 1550. SL sebesar 3%.

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *