Mentari Pagi Edisi 272 Senin 16 Oktober 2017

REVIEW IHSG

Jumat, 13 Oktober 2017 kemarin IHSG ditutup dilevel 5924.125 melemah 0.04% atau turun  2.079 poin dari level sebelumnya. Sementara itu asing mencatatkan penjualan bersih sebanyak 194.89 B.

6 sektor melemah diantaranya sektor infrastruktur, keuangan, pertambangan, penjualan, konsumsi dan pertanian  (0,66%).  3 sektor lainnya menguat  yaitu sektor industri dasar, property dan aneka industry (2,96%).

Kami prediksikan IHSG hari ini akan melemah.

RINCIAN TRANSAKSI BURSA

13 OKTOBER 2017

RANGKUMAN BERITA EKONOMI

Kenaikan cukai berdampak pada emiten rokok

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun depan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bakal kembali mengerek cukai rokok. Emiten rokok tentu harus bersiap-siap mengatur strategi agar kinerja keuangan tidak tergerus beleid tersebut.

Opini Kami:

Menurut kami kenaikan tarif cukai akan menimbulkan sentimen negatif bagi emiten rokok. Naiknya tarif cukai akan menaikkan biaya produksi dan menekan kinerja emiten. Namun jika kenaikan tarif cukai tidak signifikan tidak akan mempengaruhi kinerja emiten, kenaikan tarif cukai yang dipredikisi lebih rendah akan membuat emiten bisa mengontrol harga yang lebih baik.

Volume penjualan Semen Indonesia meningkat 9%

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Penjualan semen terlihat mulai menggeliat di kuartal III-2017 lalu. Kenaikan volume penjualan ini juga dirasakan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Mengutip laporan penjualan SMGR, Kamis (12/10), total penjualan semen SMGR dari Januari hingga September 2017 sudah mencapai 20,78 juta ton. Jumlah itu sudah memenuhi 77% dari target penjualan SMGR di akhir tahun, yakni sekitar 27 juta ton. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, volume penjualan SMGR naik 9% year on year (yoy).

Opini Kami:

Meningkatnya volume penjualan SMGR sebesar 9 % menimbulkan sentimen positif. Penjualan semen domestik masih jadi kontributor utama SMGR. Volume penjualan domestik SMGR mencapai 19,39 juta ton, sedangkan kontribusi, kontribusi penjualan ekspor masih kecil, yakni 1,38 juta ton, atau hanya sekitar 7% dari total volume penjualan SMGR. Untuk memenuhi permintaan semen di luar negeri SMGR akan mengakuisisi salah satu perusahaan di Bangladesh. Hal ini akan meningkatkan penjualan ekspor semen ke luar negeri.

REKOMENDASI SAHAM

Dalam trend jangka panjang PTRO masih Bullish, dalam jangka pendek mulai terlihat pelanjutan trend, secara pattern PTRO membentuk pola triangle dan breakout dengan volume yang meningkat. Kami proyeksikan PTRO akan menuju resistance di 1550.

Rekomendasi BUY Target 1550

SL: dibawah 1100.

Create By:Research Hima Ae

Jati Akbar Bahrul Kholbi
Ahmad Ali Ramadhan
Muhamad syarifudin
Agung Kurniawan
Aditya Widianto
Mila septrya
Euis Herlina

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *